Stats

Anda pengunjung ke:

free counters

eXTReMe Tracker

Share

Bookmark and Share

Wirausaha Kontak Jodoh Pasang Iklan Rumah Mobil Bekas

Donasi anda untuk jatipuro.net

Jatipuro Google Maps


View JATIPURO.NET in a larger map

Mengembangkan Web Blog Desa

Jatipuro.net – Karanganyar adalah kabupaten yang cukup luas, , dengan luas wilayah 77.378,6374 ha (773.78 km2) wilayah ini berbatasan dengan Kabupaten Sragen di sebelah utara, Kabupaten Boyolali dan Kota Surakarta di sebelah barat, Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah Selatan, Kabupaten Ngawi dan Magetan (Jatim).
Untuk mengelola wilayah seluas itu dan penduduk sebanyak itu, maka secara administrasi Kabupaten Karanganyar dibagi menjadi 17 Kecamatan, 15 Kelurahan dan 162 Desa.Sumber:karanganyar kab .go.id

Desa sejumlah itu bisa dikatagorikan menjadi Desa Swadaya, Desa Swakarya dan Desa Swasembada; serta diklasifikasikan menjadi Desa Urban dan Desa Rural.
Sederhananya Desa Urban cenderung lebih ramai dan maju, dengan kepadatan penduduk yang relative tinggi, sebagian besar bermata-pencaharian di sector jasa, industri dan perdagangan, dengan infrastruktur yang memadai. Desa Urban lebih mirip perkotaan, maka banyak yang statusnya beralih menjadi Kelurahan.
Desa Rural merupakan daerah dengan nuansa pedesaan yang masih kental, di mana mata pencaharian penduduk didominasi sector pertanian, kepadatan penduduk rendah, serta keberadaan infrastruktur yang belum memadai.

Namun terlepas dari pengkatagorian dan pengklasifikasian di atas, ternyata saat ini sudah banyak Desa yang berhasil menerapkan teknologi informasi, antara lain dengan telah dimilikinya web atau web blog yang berkaitan dengan pemerintahan Desa.
Desa online tersebut tersebar di berbagai Provinsi di Indonesia. Dengan adanya web atau web blog maka komunikasi Pemerintah Desa dengan warganya bisa menjadi lebih intensif. Bahkan bukan hanya dengan warganya yang bermukim, dengan warga yang merantau ke kota atau ke luar negeri pun komunikasi bisa berjalan terus.
Web blog Desa bisa meliputi Rubrik Kelembagaan,Visi dan Misi,Profil,Pelayanan,Tokoh,Komunitas dan Budaya,Geografis,Data Selain itu masih ada berita mengenai Pendidikan; Kesehatan; Kegiatan; Teknologi; Pembangunan, Sosial,Ekonomi,Politik dan Hukum.

Selain itu pengelola web blog bisa memanfaatkan situs jejaring social Facebook dan Twitter untuk lebih mengintensifkan interaksi dengan masyarakat.
Tentu saja sudah ratusan bahkan ribuan desa di indonesia yang sudah memiliki web blog sendiri

Sebenarnya anggaran bukan menjadi kendala untuk membangun Desa Online, begitu pula kemampuan dalam hal teknologi informasi,apalagi sekarang ini internet sudah masuk ke pelosok pelosok Desa.
Dengan adanya mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi (PTN dan PTS) yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN), keberadaan Desa Online bisa dikembangkan dengan biaya yang murah. Sedangkan untuk keberlanjutan pengelolaan maka perlu diberikan pelatihan kepada beberapa orang perangkat Desa, khususnya yang menangani hubungan masyarakat (Humas).

Mempelajari, membuat dan mengelola web blog saat ini menjadi begitu mudah, bahkan mereka yang tidak memahami pemograman web pun langsung bisa. Persoalannya harus ada kemauan dari Kepala Desa untuk mengembangkan system informasi berbasis web blog. Sedangkan menyangkut kemampuan bisa bekerjasama dengan sekolah atau perguruan tinggi terdekat, misalnya dalam kegiatan KKN atau Program Pengabdian pada Masyarakat (P2M). Cara lainnya misalnya dengan meminta bantuan pada warga Desa yang sudah melek web blog.

Sudah selayaknya di Kab karanganyar termasuk Jatipuro dibentuk Jaringan Web blog maka melalui wadah ini para penglola web blog bisa saling berinteraksi,studi Banding dan berkomunikasi untuk kehidupan desa dan Karanganyar yang lebih baik.

5 comments to Mengembangkan Web Blog Desa

Leave a Reply

  

  

  


You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>