Stats

Anda pengunjung ke:

free counters

eXTReMe Tracker

Share

Bookmark and Share

Wirausaha Kontak Jodoh Pasang Iklan Rumah Mobil Bekas

Donasi anda untuk jatipuro.net

Jatipuro Google Maps


View JATIPURO.NET in a larger map

Malem Selikuran

Malem selikuran Acara ini merupakan tradisi Keraton Surakarta Hadiningrat dan masyarakat Solo yang dilakukan setiap malam ke-21 bulan Ramadhan. Tradisi itu digelar untuk menyongsong lailatulqadr.
Tradisi yang sudah berlangsung turun-temurun untuk memeringati malam selikuran atau malam ke dua puluh satu dalam hitungan bulan Ramadan yang biasa disebut malam Lailatul Qadr itu.

Malem Selikuran ditandai dengan kirab seribu tumpeng. Kirab diawali dari halaman Pagelaran Keraton Surakarta,menuju Masjid Agung Solo yang berjarak sekitar 500 meter.berjalan menyusuri Jalan Slamet Riyadi dan berakhir di Taman Sriwedari Solo.
Barisan kirab diawali oleh para prajurit keraton yang membawa simbol-simbol kebesaran keraton, kemudian dikuti oleh kereta kuda Retno Puspo dan Retno Juwito, yang ditumpangi oleh kerabat keraton,Para abdi dalem ini juga membawa lampu menyerupai lampion atau ting,Sehingga kirab ini juga dikenal dengan nama ting-ting hik.

Lain di solo lain pula di jatipuro masyarakat jatipuro dalam menyambut malam selikuran sore hari mengadakan kenduri yang di kenal dengan kenduri rempah.
Rempah atau entho-entho ini terbuat dari kelapa yang di parut yang di isi daging yang di cincang ataupun di iris kecil kecil kemudian di bikin bulatan di bentuk seperti bola kecil kira kira seukuran bola tenis sebagai lambang kebulatan hati berserah pada Tuhan.

Rempah ini di sajikan di takir bersama sayur lombok kentang ,tahu dan juga nasi sejumlah 3 rempah dan tiga takir yang melambangkan selama hidup manusia tak luput dari tiga hal ini: ina, apes, lali. (kehinaan, kesialan, dan kealpaan) karena itu, janganlah suka merasa lebih tinggi/lebih benar dari orang lain.

Kenduri biasanya di lakukan di tempat pak kadus atau pak Kaum (pemuka agama yang dituakan)yang sekaligus sebagai pemimpin do’a, mereka duduk mengelilingi nasi kenduri untuk berdoa bersama. Yang intinya mohon keberkahan,keselamatan dan mendapatkan
kemuliaan malam Lailatul Qadr.

3 comments to Malem Selikuran

Leave a Reply

  

  

  


You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>