Stats

Anda pengunjung ke:

free counters

eXTReMe Tracker

Share

Bookmark and Share

Wirausaha Kontak Jodoh Pasang Iklan Rumah Mobil Bekas

Donasi anda untuk jatipuro.net

Jatipuro Google Maps


View JATIPURO.NET in a larger map

Megengan

MEGENGAN merupakan tradisi kenduri yang digelar untuk menyambut awal Ramadan.
Ritual ini berlangsung turun-temurun dan hingga sekarang masih dilakukan masyarakat Jatipuro.
Suasana Kliwon di pasar jatipuro lebih rame dari biasanya karna banyak ibu ibu berduyun-duyun datang ke pasar untuk berbelanja kebutuhan pokok yang akan digunakan untuk menyambut megengan datangnya Bulan Ramdhan.
Harga kebutuhan pokok terutama sembako terus merangkak naik dan biasanya akan terus naik sampai lebaran nanti.

Megengan biasanya dilakukan 1 hari sebelum awal puasa dengan menggelar kenduri di musholah atau masjid sebagai salah satu rangkaian dari acara menyambut bulan Ramadhan atau kalau di kampung kami disebut dengan megengan.
Salah satu ritualnya adalah membuat nasi tumpeng dengan berbagai uba rampe seperti apem,
kue tradisional yang biasa bagi sebagian masyarakat Jawa kue apem memang punya nilai sendiri dan selalu ada dalam kenduri tersebut,
Kemudian tumpeng dikumpulkan Setelah terkumpul semua,baru dilakukan kenduri secara bersama-sama yang tentunya sebelum acara makan-makan dilakukan doa bersama dan sedikit siraman rohani dari Ustad setempat atau tetua kampung.

Dulu kenduri dilakukan secara bergilir dari rumah ke rumah,dalam kenduri tak ada pembedaan status, kaya-miskin ataupun kedudukan.
Lama-lama cara ini dianggap tak efektif dan pemborosan,tetapi sekarangpun masih ada mungkin belum afdol kalau belum kenduri di rumah sendiri bahkan sampai sekarang pun masih ada yang memyediakan pancen untuk para leluhur yaitu berupa makanan minuman dan rokok,
yang dipercaya arwah para leluhur ini akan pulang tilik rumah.

Sudah menjadi semacam tradisi, sebelum puasa dan juga nanti menjelang lebaran, orang-orang di kampung kami melaksanakan ziarah kubur sekaligus membersihkan makam para leluhur,menabur bunga dan kirim doa di atas pusara para leluhurnya,
yang jelas dalam agama juga dianjurkan berziarah untuk mengingat mati.
Dengan mengingat mati, hidup tak akan sewenang-wenang dan seenaknya. Kematian adalah nasihat hidup yang baik

Teringat masa kanak kanak dulu Luar biasa senangya menjelang puasa begini ada ”ritual” khusus yaitu mandi sepuas-puasnya di sungai atau lebih di kenal padusan ,Anak-anak mandi beramai-ramai, kosokan dan bolotan menghilangkan daki, membersihkan kotoran-kotoran yang menempel di badan dengan batu ,untuk mengimbangi pembersihan jiwa melalui puasa di bulan Ramadhan yang akan kami jalani.
malamnya bangun lebih awal untuk membangunkan orang orang untuk makan sahur,kemudian sholat subuh di masjid dilanjutkan jalan jalan sampai pagi.

Maka dari itu,mari kita menyongsong ramadhan ini degan senyuman cerah,secerah kita mempersiapkan tradisi megengan,serta kita perbanyak amal sholeh.

Marhaban Ya Ramadhan
Selamat Menjalankan Ibadah Puasa

1 comment to Megengan

Leave a Reply

  

  

  


You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>