Stats

Anda pengunjung ke:

free counters

eXTReMe Tracker

Share

Bookmark and Share

Wirausaha Kontak Jodoh Pasang Iklan Rumah Mobil Bekas

Donasi anda untuk jatipuro.net

Jatipuro Google Maps


View JATIPURO.NET in a larger map

Asal usul Kab Karanganyar

Asal usul Kab Karanganyar

Posted by admin pada Januari 17, 2010

PROSES HISTORIS TERBENTUKNYA KABUPATEN KARANGANYAR DIMULAI DARI PEMERINTAHAN DESA YANGA KECIL , YANG TERBENTUK PADA MASA PERJUANGAN RADEN MAS SAID, PADA TAHUN 1741-1757. KETIKA ITU RADEN MAS SAID YANG DIKENAL SEBAGAI PANGERAN SAMBERNYAWA MENJADIKAN BEBERAPA DAERAH SEBAGAI PUSAT PERLAWANAN TERHADAP BELANDA. DAERAH-DAERAH TERSEBUT ADALAH DAERAH NGLAROH. DAERAH SEMBUYAN, DAN DAERAH MATESIH , YANG SELANJUTNYA MENJADI TITIK SEJARAH DAN AWAL DARI PROSES PERTUMBUHAN PERINTAHAN.
BERDASARKAN STAATSBLAD NOMOR 30 TAHUN 1847, TANGGAL 5 JUNI 1847, KABUPATEN ANOM(ONDERREGENT) KARANGANYAR TERBENTUK , BERSAM-SAMA DENGAN DIBENTUKNYA 2 (DUA) KABUPATEN ANOM LAIN , YAITU KABUPATEN ANOM WONOGIRI DAN ANOM MALANGJIWAN , YANG BERADA DALAM WILAYAH PEMERINTAHAN KADIPATEN MANGKUNAGARAN . DALAM PELAKSAAN PEMERINTAHANNYA , PADA SETIAP KABUPATEN ANOM , TERMASUK PADA KABUPATEN ANOM KARANGANYAR DIBENTUK KANTOR URUSAN PEMERINTAHAN , KANTOR URUSAN PENGADILAN, KANTOR URUSAN KEPOLISIAN , DAN KANTOR URUSAN PERKEBUNAN.
PDA TAHUN 1917, DENGAN RIJKSBLAD MANGKUNEGARAN NOMOR 37 DIBENTUK 2 (DUA) KABUPATEN , YAITU : KABUPATEN KARANGANYAR DAN KABUPATEN WONOGIRI . DAN PADA TANGGAL 18 NOVEMBER 1917 , KANJENG GUSTI PANGERAN ARYA MANGKUNEGARA VII MELANTIK KRMT . HARDJO HASMORO SEBAGAI BUPATI KARANGANYAR.
DALAM KURUN WAKTU TAHUN 1917-1930 DI KABUPATEN KARANGANYAR TELAH TERJADI PERGANTIAN BUPATI SEBANYAK 2 (DUA) KALI, YANG BERARTI DALAM KURUN WAKTU 1917-1930 TERSEBUT, ADA 3 (TIGA) ORANG BUPATI YAITU KRMT,HARDJOHASMORO,RMT.SARWOKO MANGOENKOESOEMO , DAN RMT .DARKO SOEGONDO.
BERDASARKAN RIJKSBLAD MANGKUNAGARAN NOMOR 10 TAHUN 1923 , KABUPATEN KARANGANYAR DIBAGI MENJADI 3 (TIGA) WILAYAH KAWEDANAN, YAITU :
1.KAWEDANAN KARANGANYAR
2.KAWEDANAN KARANGPANDAN
3.KAWEDANAN JUMAPOLO
DALAM 3 (TIGA) KAWEDANAN TERSEBUT TERDAPAT 14 (EMPAT BELAS) WILAYAH KAPANEWON/KECAMATAN , YAITU:
1.KAPANEWON KARANGANYAR
2.KAPANEWON TASIKMADU
3.KAPANEWON JATEN
4.KAPANEWON KEBAKKRAMAT
5.KAPANEWON MOJOGEDHANG
6.KAPANEWON KARANGPANDAN
7.KAPANEWON MATESIH
8.KAPANEWON TAWANGMANGU
9.KAPANEWON NGARGOYOSO
10.KAPANEWON KERJO
11.KAPANEWON JUMAPOLO
12.KAPANEWON TUGU(SEKARANG JUMANTONO)
13.KAPANEWON JATIPURO
14.KAPANEWON JATIYOSO
SETLAH PROKLAMASI KEMERDEKAAN TERJADI REORGANISASI PEMERINTAHAN DAERAH DI INDONESIA . TIGA KAPANEWON YANG SEBELUMNYA TIDAK TERMASUK WILAYAH KABUPATEN KARANGANYAR, SETELAH PROKLAMASI KEMERDEKAAN DIMASUKKAN KE DALAM WILAYAH KABUPATEN KARANGANYAR . TIGA KAPANEWON TERSEBUT ADALAH KAPANEWON MALANGJIWAN (SEKARANG KECAMATAN COLOMADU) , KAPANEWON KALIYOSO (SEKARANG GONDANGREJO), DAN KAPANEWON JENAWI . SEJAK SAAT ITU MAKA WILAYAH KABUPATEN KARNANGAYAR MENJADI 17 (TUJUH BEKAS) KAPANEWON/KECAMATAN.
DENGAN DEMIKIAN DAPAT DISIMPULKAN BAHWA PROSES TERBENTUKNYA PEMERNTAHAN KABUPATEN KARANGANYAR DIMULAI DARI PEMERINTAHAN DESA YANG TERBENTUK PADA MASA PERJUANGAN RM SAID (1941-1957) , KEMUDIAN DIBENTUKNYA KABUPATEN ANOM PADA TANGGAL 5 JUNI 1847 , DIIKUTI DENGAN DIBENTUKNYA KABUPATEN KARANGANYAR PADA TANGGAL 18 NOVEMBER 1917.
DANGAN PERATURAN DAERAH TINGKAT II KARANGANYAR NOMOR 20 TAHUN 1998 TENTANG HARI JADI JADI KABUPATEN KARANGANYAR , MAKA HARI JADI KABUPATEN KARANGANYAR DITETAPKAN PADA TANGGAL 18 NOVEMBER 1917.

Comments are closed.